cerita trendy · tempat

Bertualang di Batu Malang

Bertualang di Batu MalangSebetulnya ini lanjutan liburan saya kemarin sewaktu ke gunung semeru malang jawa timur, rencananya saya dan juga partner saya akan lanjut ke surabaya lalu ke karimun jawa. Namun karena ternyata malang ada yang namanya kota batu yang banyak sekali tempat wisatanya sehingga kami memutuskan untuk bertulang di Batu Malang.

Dari kota Malang menuju batu tidaklah jauh, perlu waktu kurang lebih 30 menit dengan menumpangi angkot sebanyak 2 kali, pertama dari malang ke landung sari lalu dilanjutkan ke batu. cukup murah dengan 9 ribu rupiah anda sudah sampai di Batu.

Sampai disana kita langsung menuju kawasan homestay yang terletak di daerah oro oro ombo, di bandingkan hotel jika anda tidak sendirian dan banyak teman homestay jadi pilihan yang paling tepat.
Tinggal pilih mana yang paling baik menurut kalian lalu bernegosiasi harga dengan pemiliknya maka anda akan mendapatkan homestay yang murah dengan fasilitas yang baik.
Yang kami dapatkan seperti homestay milik dari bapak sugeng yang fasilitasnya terbilang mewah untuk ukuran harga yang kami dapati, tempat tidur sebenarnya ada dua, namun di area nonton tv juga ada kasur jadi bisa dihitung total tempat tidurnya 3, ada tv, kamar mandi dengan air hangat, dapur dan alat mask dan termasuk juga wifi. Untuk transportasi kami juga sekalian menyewa motor dengan pak sugeng sekalu pemilik homestay yang kami tempati. total untuk homestay dan satu motor selama 2 hari 2 malam kita terkena biaya 600 ribu. terbilang murah karna kami bertiga dan share cost tentunya dibagi 3 orang.
IMG_20160817_164334 IMG_20160817_164353 IMG_20160817_164221 IMG_20160817_164229 IMG_20160817_164250 IMG_20160817_164307

Lampion garden di BNS bersama sheilla
Lampion garden di BNS bersama sheilla

malam pertama saya dan sheilla langsung mencoba yang namanya BNS (Batu Night Spectacular), tita gak ikutan mungkin capek atau lelah atau juga letih 😀
Tidak banyak wahana yang saya berdua shella kunjungi, hanya lampion garden dan juga, saya lupa namanya tapi itu sejenis kereta yang jalannya di atas ketinggian. Sama seperti ancol jadi kita tidak terlalu excited, namun lumayan bisa menyegarkan setelah kemarin mengingat baru turun gunung. Beli Baju, beli apel lalu pulang ke homestay untuk menyakskan final olimpiode rio brazil dari cabang bulutangkis ganda campuran yang wakil indonesia satu satunya yang berkesempatan menyumbang emas yakni pasangan owi butet. timingnya pas banget ya kalo di pikir pikir, saya mulai ngikutin babak penyisiahan di bandara palembang dan alhamdullilah Indonesia dapet emas.

Hari kedua di Batu kita langsung tancep gas ke air terjun

air terjun coban rondo
air terjun coban rondo

coban rondo, yang serunya kita boti alias bonceng tiga, mana yang 2 gak pake helm, dan sekali lagi timingnya pas banget. Ada razia kendaraan bermotor! Kena tilang pastinya, setelah dijelaskan dan negosiasi sebentar kita dipersilahkan berpegian lagi dan untuk hari itu kita bebas meneruskan tanpa helm dan bonceng tiga. hahahah…seru sih seru tapi bikin kesel karna 150 ribu melayang, kan lumayan tuh duit buat makan makan 🙂

gak bisa mandi sayangnya
gak bisa mandi sayangnya

Setelah melewati pemandang yang keren dari ketinggan akhirnya kita sampe di air terjun coban rondo, ternyata tempatnya itu tidak hanya wisat air terjun saja, tapi ada juga yang lain selain atv, outbound, pinball, dan masih banyak. tapi yang kita coba hanya air terjun karna yang lainnya itu di luar batu juga banyak, bukankah kita ke suatu tempat itu harus mencari yang unik dan juga khas tentunya.
Sedikit kecewa karena air terjunya tidak bisa kita rasakan secara langsung dengan mandi mandi, padahal kita dari penginapan sudah gak mandi dan khusus mandi di sana. cuma foto foto terus menikmati pemandangannya, jadi inget air terjun yang saya datangi di lombok air terjun sendang gile, padahal air terjun itu lebih deras dan keras jatuhannya tapi kita bisa merasakkannya langsung dengan cara mandi. mandi di sini bukan pake sabun terus bisa gosok gigi tapi cuma mandi basah basahan saja loh.
Sebelum lanjut tempat lain nyobain pinball dulu.

Museum Angkut Batu Malang
Museum Angkut Batu Malang

Habis santap siang kita tancap gas ke Museum angkut. Ini museum TOP banget yah, konsep, koleksi, dan kreatifnya bukan main. Terus ini museum juga luas dan besar banget ternyata. ini dari awal buka sekitar jam 12 siang sampai tutup jam 8 malem bisa gak selesai kita nikmatin kalo mau. Ini museum infonya merupakan museum transportasi pertama dan terbesar di asia. busyet.
kalo indonesia museumnya bagus dan kece kayak gini semua, saya yakin ke museum menjadi tempat wisata favorit. Edukasinya ada, hiburannyanya keren, tempat foto fotonya banyak, perfect banget kan.
Dengan 80.000 untuk weekdays kita sudah dapet tiket masuk dan terusan untuk juga masuk ke museum topeng nusantara. Kerennn!

koleksi pertama museum angkut. mobil presiden Soekarno
koleksi pertama museum angkut. mobil presiden Soekarno
salah satu koleksi museum angkut untuk sejarah kapal sebagai alat transportasi
salah satu koleksi museum angkut untuk sejarah kapal sebagai alat transportasi
salah satu kawasan di museum angkut. Gangster
salah satu kawasan di museum angkut. Gangster town
d'topeng nusantara
d’topeng nusantara

Gak selesai di situ, di luar museum angkut juga terdapat pasar apung yang kece abis, kalo pernah ngeliat floating marketnya thailand ini rada rada mirip, tapi konsepnya indonesia banget, jadi desetiap pondok pondoknya di berikan konsep provinsi provinsi yang ada di indonesia dan di provinsi tersebut khusus menjual produk dan jasa yang berbeda beda. dan kerennya lagi kita bisa gunain perahu buat keliling di pasar apung tersebut.

pasar apung museum angkut
pasar apung museum angkut

ketika Sebentar lagi museum angkut tutup kami menyudahi explorasinya, kaki pegel perut laper dan itu akhirnya membawa kami ke alun alun kota sebagai tempat terakhir yang kita kunjungi. Makan bakso lalu nyobain makanan di pos ketan legenda dan membawa pulang permen hd yang wuenak banget.

Besoknya kita balik ke malang karna siangnya kereta kami telah menunggu untuk pulang ke jakarta.
eh dimalang kita juga wisata kuliner loh walaupun gak banyak. kita nyobain es krim oen yang populer, ronde titoni yang terkenal dan mcd yang ada di mana saja.

cost selama di malang dan batu (3 orang)
hotel tosari malang Rp 240.000/malam (2 tempat tidur, dan kamar mandi dalam)
sarapan mcd rp 30.000
angkot malang – landung sari Rp 4.000/orang
landung sari – batu Rp 5.000/orang
homestay dan sewa motor 2 hari 2 malam Rp 600.000 (200 ribu/orang)
masuk BNS + 2 wahana Rp 71.000
beli baju dan juga apel 1 kg Rp 85.000
kena tilang Rp 150.000 (biaya tak terduga)
masuk coban rondo Rp 15.000/orang (+motor rp 4.000)
makan siang untuk 3 orang Rp 60.000
museum angkut dan terusan d’topeng nusantara Rp 80.000
bakso Rp 12.500
ketan RP 22.000
permen susu hd Rp 22.000
angkot pulang batu, landung sari, malang Rp 9.000/orang
es krim oen Rp 45.000
ronde titoni Rp 7.000
kereta malang – jakarta Rp 250.000/ oran

terima kasih untuk partner saya Sheilla Andita Astria (sela) dan juga Yustita Dhamayanti (tita) yang sudah menjadi bagian dalam cerita bertualang di batu malang ini. Untuk deskripsi singkat parner saya ini bisa di lihat di postingan saya sebelumnya di sini

sampai jumpa di liburan selanjutnya. NTT sampai jumpa nanti!!

SocialTwist Tell-a-Friend

2 thoughts on “Bertualang di Batu Malang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *