cerita trendy · tempat

Rinjani Mission Completed

Satu bulan sebelum keberangkatan ke gunung Rinjani sebenarnya saya sudah mempunyai bayangan misi apa saja yang harus di trendy di puncak rinjanilakukan di gunung dengan label bintang 5 tersebut, bukan hanya menaklukan puncak gunung rinjani lalu mengambil gambar dengan latar belakang pemandangan indah disana namun lebih dari itu saya ingin memberikan kado ulang tahun buat mama saya yang momennya bertepatan dengan pendakian ke gunung Rinjani.

Saya ini bukanlah penghapal yang baik tapi penghayal yang baik, saya sudah merencanakan membuat video sebagai kado pemberian dari saya untuk mama yang berulang tahun. Video ini berisi tentang video lipsync saya yang menyanyikan lagu dari cjr yang berjudul mama, dengan di latar belakangi pemandangan indah gunung Rinjani dari setiap titik, dimulai dari pos 1, pos 2, pos 3, bukit penyesalan, pelawangan, puncak, segara anak dan juga titik saat turun pendakian (torean). Ini dia videonya.

Misi selanjutnya adalah menaklukkan gunung yang terkenal keindahannya sampai ke luar negri, Gunung Rinjani.
Langsung saja untuk bisa mendaki gunung Rinjani kita harus datang terlebih dahulu ke Lombok (NTB). Lalu Lanjut sewa travel ke sembalun, masukan dari saya jika kalian hanya berdua atau bertiga ushakan untuk mencari orang lagi yang tujuannya sama, lumayan untuk mengirit ongkos bayar travel. Sampe di  Sembalun saya dan teman teman langsung mencari porter satu untuk keperluan penunjuk jalan dan juga membawa bahan manakan, lumayan untuk ngurangin beban sedikit.
Setelah membeli tiket masuk dan mengisi buku tamu di base camp sembalun, perjalanan pendakian gunung Rinjani pun dimulai.

Base camp sembalun – Pos 1, melewati desa sembalun sedikit kita langsung di hadapi dengan trek turunan dan tanjakan yang cukup ekstrim, di sela sela perjalanan menuju pos 1 kita akan menemukan pemandangan gunung rinjani dalam keadaan penuh, jadi wajar saja kalo di sela sela perjalanan itu kita berhenti hanya untuk mengambil gambar. jarak antara base camp ke pos 1 lumayan jauh normalnya kita mengabiskan waktu kurang lebih 2,5 jam.

pemandangan dari basecamp ke pos 1
trek dari basecamp ke pos 1

Pos 1 – Pos 2, Perjalanan menuju pos ke 2 terbilang cukup mudah dan cepat, melewati savana yang indah dan trek yang sedang sedang saja perjalanan menuju pos ke 2 kita tempuh hanya kurang lebih 0,5 jam saja. Untuk sumber air di pos 2 ini tersedia namun sebaiknya lebih memilih mengambil di pos 3 saja. oh iya pos 2 ini juga sangat kotor sekali, sampah berserakan di sekitarnya.

savana jadi pemandangan yang pasti di perjalanan menuju pos 2
Trek dari pos 1 ke pos 2
sampah berserakan di pos 2

Pos 2 – Pos 3, Tenaga anda akan sangat terkuras sekali, trek yang terus menanjak dan juga melewati batu batu menjadi tantangann

ya. Namun pemandangan cukup membuat anda pulih sebentar ketika berhenti untuk mengambil nafas dan melanjutkan perjalanan kembali. Sampai di pos 3 kita menghabiskan waktu kurang lebih 1,5 jam dan selanjutnya bermalam di pos 3. Untuk sumber air di pos 3, perjalanan kurang lebih 10 menit dari area pendirian tenda.

trek menuju pos 3
pemandangan dari pos 3

Setelah sarapan dan repacking kita melanjutkan perjalanan ke Pelawangan, untuk sampai di Pelawangan kita harus melewati 3 bukit yang tanjakannya itu bakal bikin lo nyesel. yah itulah bukit penyesalan. Tapi Penyesalan itu terbayar dengan pemandangan perbukitan yang memuaskan mata. Kacamata dan buff sangat diperlukan untuk penangkal terik matahari dan debu yang beterbangan. Sampai di Pelawangan mata kita akan langsung disuguhi pemandangan  yang sangat indah, lautan awan, pemandangan danau segara anak dan juga pintu gerbang masuk awan. Sunset di Pelawangan juga sungguh menenangkan jiwa. Luar biasa.

penampakan bukit penyesalan Rinjani
pemandangan dari bukit penyesalan ke 3
anda akan dibuat menyesal :D
pintu gerbang masuk lautan awan di pelawangan
300 meter menuju camp pelawangan
amazing sunset in pelawangan Rinjani!!

Sampai di Pelawangan kita langsung masak dan langsung mencoba untuk tidur karna jam 1 dini hari kita harus siap untuk tantangan terakhir yakni summit attack gunung Rinjani, agar bisa mendapatkan matahari terbit kita harus berangkat pagi sekali karna kita tidak tahu berapa lama perjalanan kita menuju puncak. Kurang Lebih 5 jam pendakian puncak Rinjani akhirnya saya dan teman teman sampai di puncak. Treknya parah abis, mirip seperti summit attack Puncak mahameru, naik 3 langkah turun 2 langkah, namun kali ini di Rinjani saya lebih kacau lagi, angin bertiuap sangat kencang dan sangat dingin, lalu juga debu beterbangan hingga mengurangi daya lihat. Jadi tidak aneh kalo saya nangis pas sampe di puncak Rinjani sama halnya pada saat saya di puncak Mahameru. Pemandangan di atas puncak Rinjani itu luar biasa, danau segara anak bersanding dengan gunung baru yang tegak menjulang adalah menu utamanya.

selfie sewaktu summit attack
akhirnya sampe di puncak
sunrise di puncak rinjani
kokorono placard
Penampakan segara anak dan gunung baru di atas puncak
trek summit attack

Kembali ke pelawangan untuk beristirahat sebentar dan langsung siangnya kita melanjutkan untuk turun ke bawah menuju Segara Anak, kurang lebih perjalanan 4 jam dengan trek hampir seluruhnya menurun. Perlu kosentrasi dan penentuan pijakan yang kuat pada saat perjalanan turun ke segara anak, karna jarak trek dengan jurang sangat berdekatan. Sampai di Segara Anak barulah kita merasakan segar kembali, apalagi dengan airnya yang jernih dan juga segar. Rugi kalo tidak mencoba nyebur. Bagi bawa alat pancing, tidak ada salahnya anda memancing saja lumayan untuk bisa menjadi menu makan malam.

foto bersama guide sekaligus porter, mas hafid
Pemandangan dari Segara Anak

Esok harinya kita akhirnya melangkah pergi meninggalkan Segara Anak yang indah untuk pulang.
Rute pulang yang kita pilih adalah rute torean, rute ini terbilang baru jika dibandingkan rute senaru yang sudah lama ada. Pada rute Torean ini treknya sangat berbeda dengan sembalun, rute torean hampir setengahnya melewati hutan dan juga bebatuan besar. pemandangan dari sini juga berbeda kita tidak bisa melihat pemandangan puncak rinjani yang gagah akan tetapi akan diganti dengan pemandangan tebing tebing yang elok.

Pemandangan di Rute Torean
Air Terjun Limbungan di perjalanan Turun lewat rute Torean

Dengan tiba di di desa Torean akhirnya Misi pendakian Rinjani terselesaikan, terimakasih kepada rekan pendakian yang senantiasa mencoba berbagi, berbagi lelah, berbagi canda, berbagi makanan, berbagi minuman, berbagi saleb pelemas otot, serta berbagi cerita. Terima kasih bro…

• Ginta Saka
    Rekan pelopor perencanaan pendakian rinjani, rekan travel yang seru, rekan simpan pinjam yang gak neko-neko.
    Ginta Saka
  • Darul Aulia
    bendahara hebat kita selama misi pendakian.
    Darul Aulia
    Yefta Nowo Christiono
  • Akdhietmawan Hermanto,  tukang bersih bersih ketelnya kita kita. “5 langkah 5 langkah bro” itu quote penyemangat pada waktu summit attack  yang masih terngiang di telinga saya terus bro dari sampean. maturnuwunAkdhietmawan Hermanto

Kecuali Ginta Saka mungkin kita baru mengenal pada saat pendakian Rinjani, semoga pertemanan dan tali silahturahmi kita tetap terjaga seiring jejak jejak kenangan kita bersama di Pendakian gunung Rinjani. Asyeekk 😀

Note : Biaya yang kita habiskan untuk Misi pendakian gunung Rinjani

1. Tiket Pesawat, Jakarta – Lombok : Rp 800.000, usahakan mencari tiket jauh jauh hari biar murah
  2. Travel dari bandara ke sembalun : Rp 420.000, jika anda hanya bertiga coba cari teman 2 atau 3 orang lagi di bandara yang mempunyai tujuan sama, travel cukup untuk 5-6 orang. dengan begitu pengeluaran akan lebih sedikit. Usahakan nego harga dengan driver, bagi anda yang mau nomor kontak driver yang saya gunakan pada saat itu silakan hubungi saya lemat email ataupun komentar di sini.
  3. Porter : Rp 150.000/hari (4 hari), Jika kalian para pendaki belum ada pengalaman naik gunung Rinjani tidak salahnya sewa porter, selain bisa menjadi guide lumayan bisa mengurangi beban. Porter kita asyik bro, yang mau nomornya, silahkan kontak saya via email atau komentar, namanya mas hafid
  4. Travel dari senaru ke Mataram : Rp 520.000. Sampai disini saja, karana selanjutnya saya menikmati tempat wisata lombok lainnya.

Akhir kata, terus lestarikan alam Indonesia dan terus kunjungi tempat wisata di seluruh indonesia

SocialTwist Tell-a-Friend

4 thoughts on “Rinjani Mission Completed

1. Dear mas Rendi,

I inform to you that we and team was gone and arrived in the peak of Rinjani mountain on 11 October 2014 07:00 AM Lombok time.
    We passed on all process of our mountain climbing and also finished without incident and accident.
    Thanks for your information for supporting our trip in Rinjani mountain, Lombok, Indonesia.