Cara Mudah Memasukkan Video ke PSP

Halo semua…  bertemu lagi dengan saya trendy galih tetap di sekilas info. Untuk kali ini sekilas info akan memberikan tips, bagi anda yang mememiliki PSP atau biasa disebut Playstation Portable ini adalah tips yang berguna, yakni cara mudah memasukkan video ke dalam PSP anda. Jadi anda bisa menonton atau menyimpan video-video kesayangan anda lewat PSP. Langsung saja ini dia tipsnya, lets cekedaut!!

Salah satu fungsi yang ditawarkan oleh PSP selain bermain game adalah kemampuan memutar file multimedia, salah satunya adalah video. Namun memasukkan video ke PSP agar bisa diputar tidak semudah yang dibayangkan, seperti dengan cara mengcopy dan manaruhnya di folder memori PSP, itu kesalhan besar anda perlu mengubah atau mengkonversi video anda dengan standar format file yang dapat dimainkan di PSP. Untuk membantu anda, berikut saya berikan panduan cara mudah memasukkan video yang anda miliki supaya dapat dimainkan lewat PSP.

1. Tahapan pertama anda perlu mendownload atau mengunduh aplikasi Avidemux, karna ini adalah cara mudah maka anda cukup mendownload aplikasi tersebut di sini. Di sana disediakan aplikasi dalam 3 jenis yakni linux bagi anda pengguna linux atau ubuntu, lalu windows bagi anda pengguna windows, dan Mac Os X bagi anda pengguna mac.
Untuk windows anda bisa mendownload yang bertuliskan 2.5.4 install, dan dengan sendirinya anda telah mendownload aplikasi tersebut.

2. Tahapan kedua adalah menginstall aplikasi Avidemux yang anda download tadi, cukup dengan mengklik next terus sampai finish anda telah berhasil menginstall aplikasi tersebut. Begini tampilannya setelah di buka.

3. Tahapan ketiga adalah konversi.

  • klik ikon open dan pilih video mana yang akan di konversi
  • setelah itu anda pilih menu auto dan pilih Sony Playstation Portable
  • untuk ukuran resolusi anda bebas memilih apakah 480 x 272 (setengah layar psp), atau 720 x 480 (full layar psp). untuk source aspect ratio dan destination aspect ratio biarkan saja pada 1:1.
  • Pastikan kembali bahwa setting video dan audio yang berada di samping kiri berformat MPEG4-AVC (untuk video) dan AAC (Faac).


    Biasanya setelah kita melakukan auto untuk format PSP, settingan video dan audio berubah menjadi tulisan copy.

  • terakhir adalah memulai konversi dengan cara klik ikon save, lalu simpan dengan nama video dan diakhiri dengan ekstensi .MP4. Lama konversi tergantung dengan besarnya file video yang akan akan di konversi.
  • untuk pengguna avidemux 2.5 pastikan proses konversi dilakukan dalam 2 tahapan yakni 1st pass dan 2nd pass.

    jika tahpan konversi encoding terjadi dalam 2 tahap ini, 99% bisa dipastikan jika video sudah bisa anda mainkan di psp alias tidak unsuported.

Setelah sukses maka anda cukup mengkopi file video yang telah dikonversi tersebut ke dalam folder memory stick video PSP anda dan anda bisa menonton video ataupun film dalam layar PSP anda.

Demikian Sekilas info kali ini sampai bertemu lagi di info-info selanjutnya.

Update terbaru!!!!
postingan ini sudah di update kembali karena banyak pengunjung yang masih banyak keluhan karena video yang masih tidak bisa dimainkan di PSP alias unsuported, maka sekilas info telah memberikan jalan keluarnya. terima kasih untuk kunjungannya!

SocialTwist Tell-a-Friend